PETUNJUK PENDAFTARAN 

A. Pengambilan Formulir Pendaftaran

     Tempat penjualan formulir :

  1. Kampus Politeknik Al Islam Bandung : Jl. Cisaranten Kulon No. 120 Bandung Telp. (022) 7835982, Fax. (022) 7835979
  2. Yayasan RSI-KSWI Jawa Barat : Jl. Soekarno Hatta No. 644 Bandung

B. Cara Pendaftaran

     Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara manual dan secara online :

  1. Pendaftaran secara manual :
  • Pengisian formulir pendaftaran
  • Calon peserta harus mengembalikan formulir yang telah diisi lengkap, dengan menyertakan lampiran berupa :
  1. Salinan Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajat (STTB), atau salinan Surat Keterangan Lulus (SKHUN) yang telah dilegalisir oleh sekolah yang bersangkutan, sebanyak 2 salinan,
  2. Pas Foto ukuran 3×4, berlatar belakang merah, sebanyak 4 buah,
  3. Salinan “Sertifikat Penghargaan” bagi pendaftar yang menggunakan Jalur Prestasi olah raga, Jalur Prestasi Seni atau lainnya, sebanyak 1 salinan,
  4. Membayar uang pendaftaran.
  5. Surat keterangan bebas narkoba
  6. Fotocopy Akte Kelahiran

CATATAN :

  • Jika dikemudian hari ternyata ada kesalahan, seperti pemalsuan data, ketidak cocokan data, Ijazah palsu atau tidak lulus SMA/SMK/MA, maka calon mahasiswa baru yang telah diterima menjadi mahasiswa dibatalkan penerimaannya oleh Politeknik Al Islam Bandung.
  • Bagi Warga Negara Asing dapat langsung ke lembaga sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Prodi masing-masing. Perkuliahan diadakan dengan pengantar Bahasa Indonesia
  1. Pendaftaran secara online :

          Pendaftaran secara online dilakukan melalui alamat www.politeknikalislam.ac.id; Prosedur Pendaftaran secara online :

  • Pendaftaran awal

          Prosedur :

  1. Buka internet Explorer Versi 4.0 atau lebih
  2. Ketik alamat ; http://www.politeknikalislam.ac.id
  3. Klik menu Info Pendaftaran
  4. Klik pendaftaran online
  5. Isi biodata dan yang lainnya
  6. Memilih tanggal ujian sesuai gelombang penerimaan
  7. File yang harus di upload :
    • Hasil Scan Pas foto berwarna ukuran 3×4 (berlatar belakang warna merah),
    • Hasil Scan Kartu Tanda Penduduk, KTP (bila belum memiliki KTP, dapat menggunakan Kartu Keluarga, KK)
    • Hasil Scan Ijazah SMA/SMK/MA /Sederajat atau SKHUN (pendaftar yang lulus pada tahun yang sama dan apabila Ijazah belum diserahkan oleh sekolah).
    • Hasil Scan Bukti Setoran/Transfer sebagai biaya pendaftaran,
  8. Pilih submit
    • Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang telah ditentukan
  9. Bayar melalui Teller secara tunai
  10. Bayar melalui ATM atau internet Banking
  11. Pastikan mendapat tanda terima bukti pembayaran / Struk Pembayaran
  12. Alur Kegiatan Pendaftaran :
  • Pendaftaran secara langsung / Manual

Prosedur :

  1. Calon Peserta membeli formulir pendaftaran dengan datang langsung ke Kampus Politeknik Al Islam Bandung
  2. Calon Peserta harus mengembalikan formulir yang telah diisi lengkap, dengan menyertakan lampiran berupa :
  3. Fotocopy Ijazah terbaru yang sudah dilegalisir
  4. Fotocopy Akte Kelahiran
  5. Fotocopy KTP/Kartu Tanda Pengenal lainnya
  6. 2 (dua) lembar foto terbaru ukuran 3 x 4 dengan latar belakang merah. Di bagian belakang ditulis nama calon mahasiswa
  7. Surat keterangan bebas narkoba
  8. Calon Peserta mengikuti Ujian Saringan Masuk, berupa :
  9. Tes Tertulis
  10. Wawancara
  11. Tes Kesehatan
  12. Pengumuman hasil keputusan Direktur tentang penetapan kelulusan disertai dengan waktu pelaksanaan daftar ulang melalui surat tertulis dan website Politeknik Al Islam Bandung.
  13. Calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus, dapat mengikuti ujian saringan masuk pada gelombang berikutnya.
  14. Daftar ulang bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dengan jenis pembayaran dilaksanakan di Bank yang telah ditentukan.
  • Pendaftaran secara tidak langsung / Online
online.jpg

Prosedur :

  1. Calon Peserta mengisi formulir secara on-line
  2. Calon Peserta meng-upload lampiran, berupa :
    • Hasil Scan Pas foto berwarna ukuran 3×4 (berlatar belakang warna merah),
    • Hasil Scan Kartu Tanda Penduduk, KTP (bila belum memiliki KTP, dapat menggunakan Kartu Keluarga, KK)
    • Hasil Scan Ijazah SMA/SMK/MA /Sederajat atau SKHUN (pendaftar yang lulus pada tahun yang sama dan apabila Ijazah belum diserahkan oleh sekolah).
    • Hasil Scan Bukti Setoran/Transfer sebagai biaya pendaftaran,
  3. Calon Peserta dapat memilih tanggal pelaksanaan ujian sesuai sesuai gelombang penerimaan yang telah ditentukan
  4. Calon Peserta mengikuti Ujian Saringan Masuk, berupa :
  5. Tes Tertulis
  6. Wawancara
  7. Tes Kesehatan
  8. Pengumuman hasil Keputusan Direktur tentang penetapan kelulusan disertai dengan waktu pelaksanaan daftar ulang melalui surat tertulis dan website Politeknik Al Islam Bandung
  9. Calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus, dapat mengikuti ujian saringan masuk pada gelombang berikutnya
  10. Daftar ulang bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dengan jenis pembayaran dilaksanakan di Bank yang telah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *